Minggu, 14 Oktober 2018

MANAJEMEN PEMASARAN GLOBAL

PENDAHULUAN

Latar Belakang
            Seperti kita ketahui salah satu cara perusahaan memperkenalkan produk yang dijualnya yaitu melalui promosi. Promosi tersebut biasanya dilakukan oleh pihak humas dari perusahaan tersebut. Kesuksesan promosi itu dapat dicapai dengan strategi yang terbaik yang telah dipersiapkan oleh bagian humas. Sehingga peran serta humas dalam suatu perusahaan sangat berarti dalam proses promosi suatu perusahaan.
            Perusahaan makanan siap saji semakin marak dimana-mana, kita ambil contoh Mc Donald’s. Seperti yang telah kita ketahui Mc Donald’s telah dikenal semua orang di dunia. Hal ini tidak lain merupakan kesuksesan yang dicapai oleh bantuan pihak humas dari Mc Donald’s.
            Guna menghasilkan penerus bangsa yang unggul dan berjiwa sosial yang bagus sehingga menjadi orang yang sukses diperlukan keaktifan para mahasiswa dalam memahami bidang kajian ilmu sejak dini, seperti halnya pada kali ini tugas mengenai public relation Mc Donald’s dalam Manajemen Pemasaran Global berguna agar mahasiswa memahami lebih dalam tentang Manajemen Pemasaran Global” yang dikerjakan secara kelompok.
            Dalam makalah ini saya hanya akan menyoroti mengenai pulic relation (including event) Mc Donald’s, yang menjadi ruang lingkup dalam Manajemen Pemasaran Global.          
Tujuan
            Kami membuat makalah ini dengan tujuan guna memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Pemasaran Global sebagaimana makalah ini adalah tugas mengenai public relation Mc Donald’s. Selain untuk memenuhi tugas mata kuliah tersebut, makalah “Public Relation (including event) Mc Donald’s” ini juga kami maksudkan untuk memberi sedikit pengetahuan kepada kerabat dan teman-teman di sekitar tentang Manajemen Pemasaran Global.
Manfaat
            Makalah ini bermanfaat bagi kita untuk mengetahui mengenai Public Relation(including event) Mc Donald’s, sehingga dengan mengetahui hal tersebut kami berharap kita menjadi seorang manager yang baik yang peduli akan perkembangan public relation dalam Manajemen Pemasaran Global.


PEMBAHASAN
Pengertian Manajemen Pemasaran Global
            Manajemen adalah proses mengelola dimana di dalamnya terdapat kegiatan merencanakan, mengatur, mengawasi, dan mengevaluasi.
            Manajemen pemasaran global adalah kegiatan perncanaan, pengelolaan, pengaturan, pengawasan, dan pengevaluasian terhadap komponen-komponen pemasaran suatu organisasi perusahaan yang melibatkan fungsi dan cakupan yang lebih luas lagi yaitu merambah dalam lingkup dunia. Proses ini berfokus pasa sumber daya manusia, uang, alam, dan asset-asset.
Prinsip pemasaearan global yaitu:
- costumer value
- value equation
- competitive (keunggulan diferensial)
            Alasan suatu perusahaan melakukan global marketing adalah untuk mengejar pertumbuhan dan juga keuntungan yang lebih besar lagi, serta memperbanyak cabang produksi sehingga dapat melakukan portofolio dalam penanaman dan penambahan modal.
            Dalam orientasi manajemen, kegiatan pemasaran global ini dibagi menjadi beberapa pola pikir yaitu langkah suatu perusahaan untuk menentukan proses selanjutnya yang akan diambil melalui :
1. Etnosentris
yaitu pola pikir yang menganggap negaranya superior, menganggap selera Negara lain adalah sama, dan tidak melakukan studi pasar dalam hal pemasaran produk/jasanya.
2. Polisentris
Yaitu menganggap setiap Negara adalah unik, setiap Negara memiliki perbedaan selera, dan perusahaan ini melakukan studi pasar dalam pemasaran produk/jasanya.
3. Regiosentris
yaitu melihat wilayah pemasaran berdasarkan wilayah yang telah dikelompokkan berdasar wilayah terdekat yang biasanya memiliki banyak kemiripan.
4. Geosentris
yaitu melihat pasar sebagai seluruh pelanggan dunia.
Jenis – jenis pemasaran global :
1. Domestic marketing
2. Export marketing
3. International marketing
4. Multinational marketing
5. Global / transnational marketing
Sistem Ekonomi dalam Manajemen Pemasaran Global
1. Market Capitalism
System ekonomi dimana individu dan perusahaan mengalokasikan sumber daya dan produksinya (dimiliki secara pribadi). Sedangkan tugas negara adalah memastikan terjadinya persaingan sehat serta melindungi konsumen.
Contohnya : AS, Amerika Utara, Eropa Barat
2. Centrally Planned Socialism
Suatu system ekonomi dimana pemerintah memiliki kekuasaan yang besar untuk melayani kebutuhan public.
Contohnya : Rusia, India, Uni Soviet
3. Centrally Planned Capitalism
Suatu system ekonomi dimana sumber daya digunakan secara intensive oleh pemerintah.
Contohnya ; Swedia, Cina
4. Market Socialism
Suatu system ekonomi dimana dalam satu negara terdapat beberapa aturan.
Contohnya : India, Cina
Perbedaan antara pemasaran “umum” dengan pemasaran “global”:
·      Organisasi atau perusahaan yang melibatkan diri dalam pemasaran global   memfokuskan sumber dayanya pada peluang dan ancaman pasar global.
·      Berbeda dalam cakupan kegiatannya. Perusahaan yang melibatkan diri dalam pemasaran global menyelenggarakan kegiatan bisnisnya di luar pasar domestik.
·      Pemasaran global melibatkan suatu pemahaman tentang konsep, pertimbangan dan strategi yang spesifik yang harus diterapkan secara kompeten dalam kaitannya dengan dasar-dasar pemasaran universal untuk menentukan keberhasilan dalam pasar global.
            Pemasaran global telah banyak membawa perusahaan sukses mendunia, dan kesuksesan itu tidak hanya didasarkan pada standarisasi total dari elemen bauran pemasaran. Menurut Kenichi Ohmae (dalam Keegan, 2009: 2), perusahaan bisa sukses mendunia (misalnya Coke) hanya dengan mengeluarkan sejumlah besar waktu dan uang dengan menjadi “orang dalam”. Perusahaan membangun infrastruktur lokal yang lengkap sehingga mampu mencapai “lokalisasi global”, yaitu kemampuan menjadi “orang dalam” sebagai perusahaan lokal tetapi tetap memperoleh manfaat hasil dari operasi skala dunia. Dengan kata lain, untuk sukses dalam pemasaran global, maka pemasar global harus mempunyai kemampuan untuk berfikir secara global dan bertindak secara lokal.
Pemasaran global tidak berarti masuk ke setiap negara di dunia. Hal tersebut tergantung pada pertimbangan faktor-faktor: kondisi industri, sumberdaya perusahaan atau sumber keunggulan kompetitifnya, pemikiran manajerial, dan adanya peluang dan ancaman. Perusahaan juga dapat sukses mengejar pemasaran global dengan menciptakan merek global yang kuat.
            Pemasaran adalah disiplin ilmu universal yakni disiplin ilmu yang dapat diterapkan di negara mana saja. Tetapi, karena setiap orang dan setiap negara memiliki sifat unik atau khas sehingga kebiasaan-kebiasaan pemasaran bervariasi pada setiap negara, maka pengalaman dari suatu negara tidak selalu dapat diterapkan atau dipakai di negara lain.
            Konsep pemasaran juga telah berkembang dari fokus pada produk ke fokus pada pelanggan, dengan menggunakan seluruh bauran pemasaran (marketing mix) atau konsep 4P (Product, Price, Place, Promotion), lalu berkembang menjadi 5P (plus Probe atau riset), bahkan kini bisa menjadi 7P (ditambah lagi dengan Policy of Government dan People/Public Opinion).

Ada tiga prinsip pemasaran (Keegan, 2009: 4-5):
1.    Nilai pelanggan dan persamaan nilai
yaitu menciptakan nilai atau manfaat bagi pelanggan yang lebih besar daripada nilai yang diciptakan oleh pesaing. Nilai pelanggan dapat ditingkatkan dengan memperluas atau memperbaiki produk dan/atau manfaat jasa, dengan menurunkan harga, atau gabungan dari keduanya. Untuk meningkatkan nilai pelanggan juga diperlukan pengetahuan dan pemahaman mengenai pelanggan, inovasi, dan kreativitas.
2.    Keunggulan kompetitif atau Diferensial
yaitu keunggulan dalam penawaran total (yakni mencakup unsur apapun yang ditawarkan: produk, harga, promosi, distribusi) yang dihadapkan pada persaingan yang relevan, yang lebih menarik bagi pelanggan.
3. Fokus
Yaitu fokus atau konsentrasi pada keunggulan kompetitif, yakni memfokuskan sumberdaya dan usaha pada kebutuhan dan keinginan pelanggan serta pada penawaran yang bersaing.
Orientasi Manajemen (Keegan, 2009: 11-16):
1.    Etnosentris
Berasumsi bahwa negara asalnya lebih unggul dibanding negara lain di dunia. Manajemen hanya melihat persamaan yang ada di pasar dan berasumsi bahwa produk dan kebiasaan yang sukses di negeri sendiri akan sukses juga di mana saja. Sekarang paham ini menjadi ancaman internal terbesar yang dihadapi perusahaan. Perusahaan etnosentris yang berbisnis di luar negeri dapat disebut sebagai perusahaan internasional.
2.    Polisentris
Berasumsi bahwa masing-masing negara adalah unik sehingga mengembangkan strategi yang berbeda-beda. Masing-masing anak perusahaan di luar negeri mengembangkan strategi bisnis dan pemasarannya sendiri-sendiri. Perusahaan polisentris sering disebut dengan terminologi perusahaan multinasional.
3.    Regiosentris dan Geosentris
Orientasi geosentris merupakan perpaduan etnosentris dan polisentris, yang melihat persamaan dan perbedaan dalam pasar dan negara, dan mencoba menciptakan strategi global guna merespon seluruh kebutuhan dan keinginan lokal. Perusahaan regiosentris lebih memperkuat daya saing regionalnya daripada langsung berpindah untuk mengembangkan respons global.
  
STUDI KASUS
Including event Mc Donald’s
Kasus 1

“Latin Grammy Award di Florida Selatan, Dallas, Los Angeles dan New York”
            McDonald's adalah sebuah perusahaab yang akan menjadi sponsor Latin Grammy Award dengan sejumlah kegiatan promosi, mencangkup juga tur, karnival dan doorprize.
            Perusahaan ini membuat sebuah museum berjalan untuk mengenang beberapa artis terkenal dari latin. The Museo de la Música McDonald's mendatangi beberapa pasar di tujuh bulan ini untuk memberikan pengunjung artefak dari Latin Celia Cruz, Selena, Tito Puente, El Gran Combo. Termasuk juga Gitar Gibson Pod Station, yang menawarkan berbagai demonstrasi musik, dan beasiswa di mana peserta dapat memperoleh informasi tentang program-program tertentu.
            Di luar acara tersebut, McDonald's menjadi tuan tumah Latin Grammy Street dan berkerjasama dengan artis – artis terkenal yang berasal dari latin. Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 30 September di Chicago bertempat di Florida Selatan, Dallas, Los Angeles dan New York yang berakhir pada 28 Oktober.
            Ini adalah tahun kedelapan dari Latin Grammy Award. Acara ini berlangsung pada 8 November di Las Vegas.
            McD melakukan sposnsor yang salah satunya adalah doorprize, dimana McD akan mengirim hadiah kepada 10 ribu pemenang dalam suatu perjalanan untuk menghadiri Grammy yang akan diselenggarakan. Hadiah yang disediakan termasuk tiket pesawat, akomodasi hotel untuk dua malam dan uang tunai sebesar $ 500.

Kasus 2

“Acara Sahur Yuk Sahur di Indonesia”
            Contoh promosi McD yang menggunakan PR adalah mensponsori acara “ sahur yuk sahur “ di Tv7 ( trans 7 ). Acara ini tayang pada pukul 02.30 – 04.30 WIB dengan pembawa acara Vincent dan Desta ( Club80’s ). Dalam acara tersebut, menggunakan konsep radio yang dimana Vincent dan Desta menjadi penyiarnya.
Berikut adalah bentuk – bentuk sponsorship McD dalam acara sahur yuk sahur adalah :
1.    Penayangan iklan McD di setiap jeda acara.
2.    Pengucapan password dalam quiz interaktive menggunakan slogan McD yaitu ” i’m Lovin it ”
3.    Pemajangan marchendise dan atribut produk layout McD dalam layout studio.
            Hal tersebut merupakan salah satu bentuk dari PR atau event promotion yang dilakukan oleh McD. Tujuan dari sponsorship tersebut adalah menarik konsumen untuk sahur atau makan saat bulan ramadhan dengan produk McD.


Analisis

            Tujuan dari kedua event tersebut sama secara global, dimana McD ingin lebih mempromosikan produknya dengan cara lebih dekat lagi dengan konsumen dimana konsumen McD tidak terbatas oleh usia, dimana semua kalangan dapat menikmatinya.
Manfaat untuk McD dalam kasus pertama.
·      Brand McD merjadi lebih baik di mata konsumen Latin khusunya dan masyarakat dunia umumnya, karena McD menjadi sponsor bahkan menjadi tuan rumah pada suatu acara besar yaitu Grammy Awards yang diadakan di daerah Amerika Latin.
·      Selain itu, McD pun mendapatkan profit yang cukup besar dari acara tersebut, hal ini terbukti dari berkesinambungannya McD menjadi sponsor pada acara Grammy awar tersebut, hingga mencapai grammy award ke- 8.
Manfaat McD dalam kasus kedua.
·      Meningkatkan konsumerisme masyarakat dalam pembelian McD dimana dengan adanya acara ini membuktikan bahwa McD dapat melakukan delivery kapanpun termasuk pada waktu sahur.
Perbandingan event pada kasus pertama dan event pada kasus kedua
            Menurut saya event pada kasus pertama ( acara Grammy ) yang diselenggarakan oleh McD cukup sukses, sedangkan pada kasus kedua promo yang dilakukan oleh McD kurang berhasil karena acara yang diselenggarakan tidak berkesinambungan, itu membuktikan bahwa Public Relation McD di luar negeri jauh lebih baik daripada public relation yang terdapat di Indonesia.



Tanggapan

            Mc Donald’s merupakan perusahaan yang telah mendunia sebagai restoran cepat saji yang kini banyak digemari anak-anak hingga orang tua. Disini jelas terlihat bahwa humas Mc Donald’s mampu membuat ketertarikan bagi konsumen baik dari produk yang dihasilkan maupun pelayanan yang cepat tanggap. Selain itu humas Mc Donald’s mampu menyelenggarakan maupun mensponsori acara-acara yang bersifat sosial sehingga mampu menarik simpati konsumen.
            Hampir di setiap kota-kota besar di dunia Mc Donald’s selalu hadir dengan menu-menu yang disesuaikan dengan gaya hidup yang ada di kota tersebut. Mc Donald’s juga mampu mengalahkan para pesaingnya yang semakin banyak di setiap negara. Ini semua membuktikan bahwa sasaran humas dari Mc Donald’s adalah publik internal dan eksternal, dimana secara operasional humas Mc Donald’s mampu membina hubungan harmonis dengan publiknya dan mencegah timbulnya rintangan psikologis yang mungkin terjadi diantara keduanya.



KESIMPULAN
Proporsi nilai McDonald’s dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.    Manfaat Fungsional : Hamburger, kentang goring, minuman ringan, dan makanan lainnya yang bercita rasa ; bonus ekstra seperti tempat bermain, hadiah dan games.
2.    Manfaat Emosional : Bagi anak-anak (rasa senang lewat kebahagiaan pesta ulang tahun, relasi dengan karakter-karakter terntentu, dan saat-saat istimewa keluarga); bagi orang dewasa ( kehangatan dalam acara-acara dan pengalaman keluarga yang diperkuat dengan iklan).
3.    Manfaat Ekonomik : biaya rendah, value for money.
4.    McD menggunakan Public Relation sebagai media promosi untuk labih menanamkan brand nya di benak konsumen di seluruh dunia.


DAFTAR PUSTAKA
Warren J. Keegan, 2009. Manajemen Pemasaran Global (Judul asli: Global           Marketing Management). Jilid Satu, Edisi Keenam, Cetakan Ketiga.            Jakarta: Penerbit PT Indeks. Halaman 1-16.
Informasi tentang sponsor dan Grammy tersedia di www.meencanta.com

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar